Glamping di Bubble Tent Pertama Yogyakarta, Lakukan 5 Aktivitas Seru Ini

Penulis Syifa Nuri Khairunnisa | Editor Yuharrani Aisyah

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Berwisata di Yogyakarta, kamu bisa glamping di Nira Camper Village. Sebuah penginapan dengan konsep bubble tent pertama di Yogyakarta.

Konsep bubble tent ini diadaptasi dari maraknya penginapan serupa di Bali. Sang pemilik, Lukman Arianton, mengaku sejak dibuka pada Oktober 2019 lalu, antusiasme masyarakat ternyata begitu besar. Sensasi menginap di tengah sawah dan tidur langsung menghadap bintang-bintang dengan pemandangan 360 derajat di tengah alam jadi salah satu yang ditawarkan. “Segmennya itu orang-orang yang bosan menginap di hotel.

Ketika mereka cari yang semi-outdoor, kami ada. Kalian bisa menginap di bubble, bisa tidur sambil melihat bintang kalau musim kemarau lagi cerah,” tutur Lukman ketika dihubungi Kompas.com. “Itu benar-benar terbuka, enggak ada yang tertutup kecuali kamar mandi. View depannya itu sawah. 500 meter di sekeliling Nira itu enggak ada rumah sama sekali. Di sana tempat yang cocok kalau ingin kabur dari kota,” lanjutnya. Selain menginap, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas di Nira Camper Village.

 

Bersepeda keliling sawah

Pertama, kamu bisa bersepeda keliling area sekitar Nira dan terus ke area perkampungan dan persawahan warga. “Kalau untuk kegiatan kami menyediakan sepeda. Itu gratis sudah termasuk fasilitas kami. Pagi paling enak memang bersepeda di Nira. Rute sepeda nanti melewati tengah sawah, perkampungan, dan kembali ke Nira,” tutur Lukman.

 

Mancing di sawah

“Kalau ingin coba mancing juga bisa. Kami sediakan alat pancing juga. Nanti bisa mancing di area sawah. Lebih ke mancing ikan sawah yang kecil-kecil itu di sawah warga. Enggak apa-apa karena kami dan warga sudah sangat dekat dan kerjasama,” lanjutnya.

 

Ikut bertani bersama warga

Selain aktivitas seperti itu, di waktu-waktu tertentu kamu juga bisa mencoba ikut kegiatan tanam dan panen warga di sawah sekitar Nira. Namun memang waktunya tak menentu, untuk waktu tanam terdekat adalah bulan April.

 

Menyaksikan sunrise & sunset

Lalu aktivitas lain yang wajib kamu lakukan ketika ke Yogyakarta adalah melihat momen sunrise. Nira Camper Village juga memiliki aktivitas itu. Dengan membayar Rp 350.000 saja, kamu bisa melihat sunrise di Gunung Merapi. “Nanti berangkat 04.30 dari Nira dijemput pakai jeep. Sunrise di Merapi lalu turun kembali jam 07.00 sudah kembali,” kata Lukman.

Selain sunrise, kamu juga bisa melihat momen sunset. Kali ini gratis, tak jauh dari Nira tepatnya di satu spot khusus di tengah sawah. Spot tersebut jadi tempat terbaik untuk melihat sunset menurut Lukman.

Menurut Lukman, aktivitas tersebut paling cocok dilakukan pada Juli sampai September karena sedang musim kemarau, langit jadi cerah. Jika sedang musim hujan seperti ini, banyak tamu yang memilih untuk bersantai di dalam bubble tent. Ada juga area living room di Nira Camper Village terdapat smart TV dengan fasilitas bean bag yang nyaman.

Para tamu biasanya memilih untuk bersantai bersama keluarga dan menonton film di sana.

 

Barbekyu

Tak itu saja, di malam hari juga ada aktivitas barbekyu yang sudah termasuk ke dalam tarif menginap. Para tamu akan diberikan bahan berupa sate sosis, bakso, dan jagung. Sejauh ini, Nira Camper Village baru memiliki satu area saja. Namun beberapa bulan ke depan Lukman mengaku akan melakukan pengembangan dari sisi bangunan, fasilitas, maupun aktivitas.

“Nanti bulan Maret tanggal 21 kami akan menyediakan dua area. Jadi dua area ini bisa direservasi oleh dua tamu. Bisa maksimal empat bubble tent,” tutur Lukman.

 

Bakal ada kelas memasak

Lalu soal penambahan aktivitas, Lukman mengaku sedang menggodok beberapa hal untuk dijadikan program baru. Salah satunya adalah kerja sama dengan salah satu warga desa yang ahli dalam hal tanaman.

“Dia mengerti segala jenis tanaman yang bisa dimasak. Dia juga ahli bikin kombucha. Kemarin beberapa tamu kita ajak ke sana, ternyata antusias,” jelas Lukman. Nantinya, program ini bisa dibentuk seperti kelas memasak makanan sehat atau kelas membuat kombucha. Bahkan bisa juga kelas bercocok tanam. Ia mengaku program ini mungkin akan diluncurkan pada bulan Mei setelah lebaran nanti.

Sejauh ini, peminat yang ingin menginap di Nira Camper Village cukup banyak. Pada bulan Maret dan April ini saja pemesannya sudah cukup ramai. Kamu disarankan untuk melakukan reservasi secepat mungkin.

Nira Camper Village terletak di Kregen, Wukirsari, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Terletak sekitar 21 km dari pusat kota, kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan mobil selama 45 menit dari Stasiun Tugu Yogyakarta.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Glamping di Bubble Tent Pertama Yogyakarta, Lakukan 5 Aktivitas Seru Ini”, Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2020/03/04/222400027/glamping-di-bubble-tent-pertama-yogyakarta-lakukan-5-aktivitas-seru-ini?page=all#page2.
Penulis : Syifa Nuri Khairunnisa
Editor : Yuharrani Aisyah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Customer service kami siap membantu pertanyaan kamu..
👋 Hi, ada yang bisa dibantu?